Pengertian sistem informasi/informatika manajemen
1. Manajemen informatika adalah pemanfaatan sumber daya secara
efektif dibidang informasi untuk mencapai suatu tujuan yang telah
ditentukan2. Sistem Informasi Manajemen adalah serangkaian sub sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan.
Pengertian Manajemen pemasaran
1. Menurut Dharmmesta dan Handoko, yang dimaksud dengan manajemen
pemasaranadalah berbagai kegiatan pokok yang dilakukan oleh sebuah
perusahaan untuk terus mempertahankan kelangsungan hidup perusahaannya,
untuk kemudian berkembang, dan untuk mendapatkan laba atau keuntungan.2. Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi (Kotler, 1997).
Pengertian Manajemen keuangan
Manajemen Keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran,
pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana
yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan.Penjelasan Singkat Masing-Masing Fungsi :
- Perencanaan Keuangan : Membuat rencana pemasukan dan pengeluaraan serta kegiatan-kegiatan lainnya untuk periode tertentu.
- Penganggaran Keuangan : Tindak lanjut dari perencanaan keuangan dengan membuat detail pengeluaran dan pemasukan.
- Pengelolaan Keuangan : Menggunakan dana perusahaan untuk memaksimalkan dana yang ada dengan berbagai cara.
- Pencarian Keuangan : Mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional kegiatan perusahaan.
- Penyimpanan Keuangan : Mengumpulkan dana perusahaan serta menyimpan dana tersebut dengan aman.
- Pengendalian Keuangan : Melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan pada paerusahaan.
- Pemeriksaan Keuangan : Melakukan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada agar tidak terjadi penyimpangan.
Pengertian Manajemen pendidikan
1. Menurut Tony Bush(1986-2003), manajemen pendidikan adalah bidang
studi dan praktek terkait dengan operasi organisasi pendidikan2. Menurut Made Pidarta(1988:4). Aktifitas memadukan sumber-sumber pendidikan agar terpusat dalam usaha mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan sebelumnya
Pengertian Manajemen sumber daya manusia (sdm)
Manajemen sumber daya manusia, disingkat MSDM, adalah suatu ilmu atau
cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja)
yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat
digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal)
bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal.MSDM
didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia - bukan
mesin – dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis.Kajian MSDM
menggabungkan beberapa bidang ilmu seperti psikologi,sosiologi, dll.
Pengertian Manajemen resiko
Manajemen risiko adalah suatu pendekatan terstruktur/metodologi dalam
mengelola ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman; suatu rangkaian
aktivitas manusia termasuk: Penilaian risiko, pengembangan strategi
untuk mengelolanya dan mitigasi risiko dengan menggunakan
pemberdayaan/pengelolaan sumberdaya. Strategi yang dapat diambil antara
lain adalah memindahkan risiko kepada pihak lain, menghindari risiko,
mengurangi efek negatif risiko, dan menampung sebagian atau semua
konsekuensi risiko tertentu. Manajemen risiko tradisional terfokus pada
risiko-risiko yang timbul oleh penyebab fisik atau legal
(seperti bencana alam atau kebakaran, kematian, serta tuntutan hukum.
Manajemen risiko keuangan, di sisi lain, terfokus pada risiko yang dapat
dikelola dengan menggunakan instrumen-instrumen keuangan.
Pengertian Manajemen strategi
Pengertian manajemen strategi menurut Michael A. Hitt & R. Duane
Ireland & Robert E.Hoslisson (1997,XV)Manajemen strategis adalah
proses untuk membantu organisasi dalam mengidentifikasiapa yang ingin
mereka capai, dan bagaimana seharusnya mereka mencapai hasil
yang bernilai. Besarnya peranan manajemen strategis semakin banyak
diakui pada masa-masaini dibanding masa-masa sebelumnya. Dalam
perekonomian global yang
memungkinkan pergerakan barang dan jasa secara bebas diantara berbagai negara, perusahaan- perusahaan
terus ditantang untuk semakin kompetitif. Banyak dari perusahaan yang
telahmeningkatkan tingkat kompetisinya ini menawarkan produk kepada
konsumen dengannilai yang lebih tinggi, dan hal ini sering menghasilkan
laba diatas rata-rata.
Pengertian Manajemen akuntansi manajemen
Akuntansi Manajemen atau Akuntansi Manajerial adalah sistem akuntansi
yang berkaitan dengan ketentuan dan penggunaan informasi akuntansi
untuk manajer atau manajemen dalam suatu organisasi dan untuk memberikan
dasar kepada manajemen untuk membuat keputusan bisnis yang akan
memungkinkan manajemen akan lebih siap dalam pengelolaan dan melakukan
fungsi kontrol.
Pengertian Manajemen operasional
1.Menurut Jay Heizer dan Barry Render manajemen operasi adalah
serangkaian kegiatan yang menghasilkan nilai dalam bentuk barang dan
jasa dengan mengubah input menjadi output.2. Menurut Pangestu Subagyo, manajemen operasi adalah penerapan ilmu manajemen untuk mengatur kegiatan produksi atau operasi agar dapat dilakukan secara efisien.
Pengertian Manajemen produksi
Manajemen produksi adalah merupakan kegiatan untuk mengatur
danmengkoordinasikan penggunaan sumber-sumber daya berupa sumber
dayamanusia, sumber daya alat, dan sumber daya dana serta bahan secara
efektif danefisien, untuk menciptakan dan menambah kegunaan (utility)
suatu barang atau jasa. Banyak upaya yang dilakukan dalam manajemen
produksi terkait dengantujuan untuk meningkatkan produktivitas. Dalam
peningkatan produktivitasdidapatkan dua masalah penting yaitu :- Produktivitas akan meningkt jika terdapt pernbaikan kondisi kerja
- Beberapa peningkatan produktivitas tidak dapat membantu organisasi secarakeseluruhn, karena hasilnya terkait dengan perbaikan pada bidang tertentu,sedangkan bidang lainnya tidak terpengaruh
Pengertian Manajemen proyek
Proses aktivitas manajemen yang dilakukan dalam periode tertentu dan
tidak bersifat rutin untuk mengelola sumber daya untuk mencapai tujuan
proyek yang telah ditetapkan sebelumnya.
Pengertian Manajemen file
File system atau manajemen file adalah metode dan struktur data yang
digunakan sistem operasi untuk mengatur dan mengorganisir file pada disk
atau partisi. File system juga dapat diartikan sebagai partisi atau
disk yang digunakan untuk menyimpan file-file dalam cara tertentu. Cara
memberi suatu file system ke dalam disk atau partisi dengan cara
melakukan Format
Pengertian Manajemen berbasis sekolah
Pengertian dan tujuan Manajemen Berbasis Sekolah MBS merupakan
paradigma barupendidikan yang memberikan otonomi luas pada tingkat
sekolah dengan maksud agar sekolahleluasa mengelola sumber daya dan
sumber dana dengan mengalokasikannya sesuai denganprioritas kebutuhan.
MBS merupakan paradigma baru pendidikan yang memberikan otonomiluas pada
tingkat sekolah dengan maksud agar sekolah leluasa mengelola sumber
daya dansumber dana dengan mengalokasikannya sesuai dengan
prioritas kebutuhan
Pengertian Manajemen konflik
Menurut Ross (1993), manjemen konflik merupakan langkah-langkah yang
diambil para pelaku atau pihak ketiga dalam rangka
mengarahkan perselisihan kearah hasil tertentu yang mungkin atau tidak
mungkin menghasilkan suatu akhir berupa penyelesaian konflik. Di samping
itu, mungkin atau tidak mungkin dapat menghasilkan ketenangan, hal
positif, kreatif, bermufakat, atau agresif. Manajemen konflik merupakan
serangkaian aksi dan reaksi antara pelaku maupun pihak luar dalam suatu
konflik. Manajemen konflik termasuk pada suatu pendekatan yang
berorientasi pada proses yang mengarahkan pada bentuk komunikasi
(termasuk tingkah laku) dari pelaku maupun pihak luar dan bagaimana
mereka mempengaruhi kepentingan (interests) dan interprestasi. Bagi
pihak luar (diluar yang berkonflik) sebagai pihak ketiga, yang
diperlukannya adalah informasi yang akurat tentang situasi konflik.
Hal ini karena komunikasi efektif di antara pelaku dapat terjadi jika
ada kepercayaan terhadap pihak ketiga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar